6 Syarat Umroh yang Wajib Anda Ketahui

6 Syarat Umroh yang Wajib Anda Ketahui – Selain ibadah haji, umroh merupakan salah satu ibadah wajib yang diperintahkan Allah kepada manusia. Walaupun demikian, tidak setiap orang mendapatkan amanat untuk menunaikan ibadah ini. Umroh hanya diwajibkan bagi orang-orang yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu.

Apabila keadaan Anda saat ini telah memenuhi semua persyaratan tersebut, Anda pun harus segera menunaikan ibadah agung ini. Demikian pula sebaliknya, ketika terdapat satu persyarat saja yang belum Anda penuhi, Anda belum diwajibkan untuk melaksanakan ibadah ini. Berikut ini adalah syarat-syarat umroh yang membuat seseorang wajib menunaikan ibadah umroh.

Syarat Umroh :

1. Islam

Ibadah umroh adalah ibadah yang hanya diwajibkan kepada orang-orang muslim, yaitu orang-orang yang memeluk agama Islam. Seorang muslim yang telah memenuhi semua persyaratan umroh wajib menunaikan ibadah, setidaknya sekali dalam seumur hidupnya.

2. Berakal

Ibadah umroh juga diwajibkan kepada seorang muslim yang berakal. Seorang muslim yang tidak sadarkan diri karena sakit, gila, atau karena sebab-sebab lainnya tidak diharuskan untuk menunaikan ibadah umroh, meskipun memiliki harta yang cukup untuk pergi ke Tanah Suci.

3. Balig

Bagi wanita, masa balig ditandai dengan kedatangan haid pertamanya. Adapun, seorang laki-laki dinyatakan memasuki masa balig jika telah mengalami mimpi basah. Selain itu, masa balig juga bisa dinyatakan dengan kemunculan tanda-tanda kedewasaan lain. Misalnya, bentuk tubuh, tumbuhnya rambut di daerah-daerah tertentu, ataupun perubahan suara. Seseorang yang telah berusia 15 tahun juga dianggap balig, meskipun belum mengalami tanda-tanda seperti yang disebutkan sebelumnya.

Seorang muslim yang belum memasuki masa balig tidak diwajibkan menunaikan umroh. Walaupun demikan, dia boleh saja menunaikan ibadah umroh. Hanya saja kelak, ketika dia memasuki usia balig dan dia memenuhi seluruh syarat umroh, dia masih memiliki kewajiban umroh yang harus ditunaikan. Bagi wanita, masa balig ditandai dengan kedatangan haid pertamanya. Adapun, seorang laki-laki dinyatakan memasuki masa balig jika telah mengalami mimpi basah

4. Memiliki Kemampuan

Definisi kemampuan yang membuat seorang muslim wajib melaksanakan ibadah umroh meliputi kemampuan di dalam segala hal. Di antaranya, memiliki harta yang cukup untuk melakukan perjalanan ke Makkah, memiliki perbekalan yang cukup selama perjalanan dan berumroh, telah melengkapi dokumen-dokumen legal yang disyaratkan oleh pemerintah Arab Saudi dan Indonesia atau kewarganegaraan Anda untuk melaksanakan ibadah umroh, serta mampu melaksanakan rukun dan wajib umroh.

Jika Anda memiliki keluarga yang Anda tinggalkan otomatis itu menjadi tanggung jawab Anda, pastikan Anda juga telah meninggalkan nafkah yang cukup untuk keluarga yang Anda tinggalkan selama Anda melaksanakan ibadah umroh.

5. Merdeka

Syarat ini menjelaskan bahwa seorang budak tidaklah diwajibkan untuk menunaikan umroh. Pasalnya, seorang budak memiliki kewajiban untuk mengurus keperluan tuannya. Dengan demikian, jika seorang budak tidak diperkenankan oleh tuannya untuk menunaikan ibadah umroh, dia pun tidak wajib untuk melaksanakan ibadah tersebut.

6. Disertai Mahram (Bagi Wanita)

Syarat umroh yang satu ini merupakan syarat umroh yang paling sering diabaikan oleh kaum wanita. Pasalnya, Allah SWT melarang seorang wanita untuk bepergian jauh tanpa disertai oleh mahramnya. Dengan ini, seorang wanita yang tinggal di luar Tanah Suci dan tidak memiliki mahram untuk menemaninya berumroh pun tidak dibebani kewajiban umroh. Adapun, jikaseorang wanita ini telah telanjur melakukan perjalanan jauh untuk berumroh tanpa mahram, ibadah umrohnya tetap sah. Hanya saja, wanita tersebut telah melanggar salah satu larangan dari Allah.

Nah, sudahkan Anda memenuhi semua persyaratan umroh? Jika semua syarat sudah terpenuhi, didukung dengan waktu serta kesempatan berumroh yang luas, Anda pun dianjurkan untuk segera menunaikan ibadah umroh. Bagaimana pun, bersegeralah untuk melaksanakan perintah Allah karena itu merupakan salah satu bentuk syukur Anda kepada Allah.

Terimakasih, dan semoga artikel 6 Syarat Umroh yang Wajib Anda Ketahui bisa bermanfaat.