Hal-Hal Yang Dilarang Dalam Ibadah Haji

Hal-Hal Yang Dilarang Dalam Ibadah Haji – Setidaknya terdapat 10 larangan haji dan dendanya yang wajib anda ketahui, untuk lebih jelas dan lengkapnya silakan simak pembahasan di bawah ini.

1. Setiap laki-laki tidak boleh menggunakan pakaian yang ada jahitan dan menutup kepala
Bagi laki-laki yang melaksanakan ibadah haji, maka dalam proses ibadahnya tidak boleh mengggunakan pakaian yang ada jahitannya. Selain itu laki-laki juga dilarang untuk menggunakan tutup kepala. Ibnu Umar RA, pernah menyampaikan ada salah seorang sahabat yang bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, “ Wahai utusan Allah pakaian apa yang boleh dikenakan bai orang yang berihram?” Lalu Nabi Muhammad SAW menjawab “ tidak boleh mengenakan baju, sobran, celana topi, khuf atau sarung kaki yang terbuat dari kulit, keculai seseorang yang tidak mendapatkan sandal, maka pakailah Khuf, namun baiknya ia memotong bagian bawah dua mata kakinya dan janganlah kamu mengenakan pakaian yang di celup atau pakain berwarna merah”.

 

2. Bagi wanita tidak boleh menutup wajah dan telapak tangan
Saat ini sudah marak sekali yang namanya wanita bercadar, padahal kalau anda ketahui ini merupakan salah satu hal yang merusak haji. Dari Ibnu Umar RA, pernah berkata bahwa Nabi Muhammad SAW besabda “ Janganlah seorang wanita berihram mengenakan cadar dan jangan pula mengenakan kaos tangan”. Namun wanita di bolehkan untuk menutup wajahnya jika ada laki-laki yang lewat di dekatnya.

3. Memotong kuku dan bulu badan
Memang memotong rambut kepala merupakan salah satu hal wajib haji yang harus dilakukan, tapi memotong rambut juga menjadi salah satu larangan dalam ibadah haji. Hal yang menjadi memotong rambut menjadi larangan yaitu dilakukan sebelum binatang hadyu sampai di tempat lokasi penyembelihan. Dengan kata lain sebelum anda melaksanakan semua proses ibadah haji. Walaupun begitu terdapat keringan untuk orang yang memiliki penyakit dengan rambutnya, tapi diharuskan untuk membayar dam atau denda.

4. Membunuh dan memburu binatang darat
Sudah bukan hal asing lagi di telinga kita jika membunuh segala sesuatu adalah hal yang dilarang, begitu juga ketika anda melaksanakan ibadah haji. Maka anda dilarang untuk membunuh binatang, bahkan memburu binatang darat. Apabila hal ini dilanggar oleh anda, maka anda di wajibkan untuk membayar denda dan memberikannya kepada fakir miskin sebanyak 5 sampai 6 liter setiap harinya.

5. Memotong dan mencabut tanaman di tanah haram
Larangan dalam beribadah haji selanjutnya yaitu dilarang untuk memotong dan mencabut tanaman di tanah Haram. Ketika anda melakukan hal ini, maka anda di wajibkan untuk membayar dam atau denda. Dan untuk dam karena melanggar salah satu larangan haji adalah sama dengan membunuh binatang yaitu menyedekahkan 5 sampai 6 liter setiap harinya.

6. Nikah atau menikahkan
Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui hal ini, karena memang mereka lebih beranggapan jika menikah pada saat haji adalah hal yang mulia. Padahal kalau anda ketahui, menikah dalam ihram haji merupakan suatu larangan yang harus anda hindari. Nabi Muhammad SAW bersabda “ Orang yang berihram tidak boleh menikahi, tidak boleh untuk di nikahi, dan tidak boleh melamar”.

7. Bercumbu rayu dan bersetubuh
Bersetubuh dalam agama islam bagi yang belum muhrim merupakan suatu dosa besar, memang bagi yang sudah menikah bersetubuh adalah hal yang wajar. Tapi ketika anda melaksanakan ibadah haji, maka sebaiknya hindari hal ini. Karena memang bersetubuh pada saat haji merupakan suatu larangan yang wajib di hindari. Dan apabila anda melakukan setubuh badan sebelum selesai menunaikan ibadah haji, maka cara bayar dam umrah dan haji yaitu anda di haruskan untuk membayar denda dengan cara menyembelih 7 ekor unta atau 7 ekor kambing.

8. Mencaci maki dan mengucapkan kata-kata kotor
Salah satu dosa yang paling sering dilakukan oleh manusia yaitu dengan mudahnya mereka mengeluarkan kata-kata yang tidak seharusnya. Dan apabila anda sedang melakukan ibadah haji, maka sebaiknya anda menjaga ucapan anda. Terlebih ketika sedang mekakukan Thawaf yang penuh dengan sesak dan desakan, menjaga ucapan sangat penting untuk anda terapkan. Karena ketika anda mencaci maki seseorang dengan kata-kata yang tidak pantas anda diharuskan untuk membayar denda.

9. Menggunakan wewangian dan minyak rambut
Yang dimaksud dengan menggunakan wewangian ini yaitu memakai parfum sebagai bahan wangian. Karena memang saat ini sudah banyak sekali jenis parfum wewangian yang terdapat bahan campuran alcohol. Hal inilah yang membuat menggunakan minyak wangi dan minyak rambut dilarang pada saat menunaikan ibadah haji. Namun menggunakan sabun mandi sebagai alat untuk membuat badan wangi, tidak termasuk ke dalam salah satu hal yang dilarang dalam ibadah haji.

10. Berbuat kekerasan baik berkelahi dan bertengkar
Ibadah haji merupakan salah satu jenis ibadah yang sangat mulia, tentunya anda diharuskan melakukan sesuatu yang baik selama beribadah haji. Dan salah satu hal yang dilarang dalam ibadah haji yaitu berbuat kekerasan seperti berkelahi. Hal ini juga sudah jelas dalam Firman Allah SWT dalam surah AL-Baqarah Ayat 197 yang memiliki arti “ Musim Hjai adalah beberapa bulan yang dimaklumi, dan barangsiapa yang sudah menetapkan niatnya dalam bulan itu untuk mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik, dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji”.

 

Terima kasih dan semoga artikel Hal-Hal Yang Dilarang Dalam Ibadah Haji dapat bermanfaat ya